Top Menu

reset-registrasi

Reset E-Faktur

Read : 7,738 times

Saya ingin melakukan reset registrasi tapi terkendala pada saat input kode aktivasi aplikasi dan paswordnya, seperti di gambar berikut:

reset-registrasi
Yang ingin saya tanyakan, data kode aktivasi aplikasi dan paswordnya  didapat dari mana…?

Harry
petogokan

Dear Pak Harry,

Jika Pak Harry sudah sampai pada notifikasi seperti pada gambar yang ditunjukkan tersebut, maka kode aktivasi aplikasi dan password didapat dari profile PKP perusahaan Anda pada aplikasi e-nofa online. Anda dapat login ke e-nofa, kemudian buka profil PKP dan lihat kolom seperti yang ditandai pada gambar berikut:

kode-aktivasi-untuk-reset-registrasi-e-fakturCatatan tambahan: Bagaimana Melakukan Reset Registrasi E-Faktur?

Reset registrasi e-faktur merupakan tindakan untuk menghapus status terdaftar aplikasi e-faktur desktop pengguna pada aplikasi e-faktur online (e-nofa). Hal ini dapat Anda lakukan jika menghadapi kendala kehilangan data atau kejadian lain yang menyebabkan aplikasi e-faktur di desktop Anda tidak dapat berkomunikasi secara sempurna dengan server DJP melalui aplikasi e-faktur online (e-faktur di website). Ketidaksempurnaan komunikasi tersebut dalam arti aplikasi e-faktur di desktop sebelumnya telah teregistrasi di e-faktur online namun koneksi tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk dapat melakukan reset registrasi e-faktur, pastikan sertifikat elektronik Anda telah terinstall di browser yang Anda gunakan untuk membuka e-nofa online. Cara melakukan instalasi sertifikat elektronik ke browser, silakan baca Cara Install Sertifikat Elektronik Pajak untuk e-Nofa. Adapun urutan langkah selengkapnya untuk melakukan reset registrasi e-faktur seperti yang dilakukan Bapak Harry adalah sebagai berikut:

  • Login ke e-Nofa Online dan buka Akun PKP Anda, kemudian pilih menu Reset Aplikasi Client
  • reset-e-faktur
  • Pilih reset aplikasi client, dan jika Anda sudah pernah melakukan registrasi, maka akan tampil gambar seperti berikut:
  • reset-registrasi-aplikasi-e-faktur
  • Tekan tombol reset aplikasi. Dan selanjutnya Anda akan diminta memasukkan kode aktivasi dan password seperti gambar yang ditunjukkan Bapak Harry pada awal artikel ini.
  • Masukkan kode aktivasi dan password yang tercantum pada profil PKP Anda seperti ditunjukkan pada gambar di jawaban pertanyaan di atas.
  • Klik tombol reset aplikasi. Setelah sukses, buka kembali profil PKP Anda dan temukan kode aktivasi e-faktur desktop yang baru. Lihat tampilan gambar berikut:
  • kode-aktivasi-untuk-reset-registrasi-e-faktur
  • Jika kode aktivasi e-faktur dekstop sudah didapat, Aplikasi e-faktur di desktop mesti ‘dibersihkan’ terlebih dahulu. Jangan lupa simpan folder db aplikasi e-faktur sebelumnya di tempat terpisah seperti flashdisk, sebab reset dengan me-replace aplikasi e-faktur lama ke e-faktur baru dapat menghapus semua aplikasi e-faktur lama Anda termasuk folder database e faktur Anda. Lakukan instalasi ulang aplikasi e-faktur [Simak: Cara Install E-Faktur dan Registrasi Aplikasi E-Faktur]
  • Pada saat melakukan registrasi aplikasi, masukkan kode aktivasi e-faktur desktop pada ruas kode aktivasi seperti ditunjukkan pada tanda panah gambar di atas. Jika pada kode aktivasi terdapat tanda baca seperti tanda sambung di atas, Hilangkan tanda-tanda baca pada kode aktivasi (tulis kodenya saja tanpa tanda baca).
  • Reset registrasi e-faktur sukses. Selesai.

 

, , , , , , , , , ,

4 Responses to Reset E-Faktur

  1. andre_huri 1 August 2015 at 14:04 #

    rekan, saya mau bertanya, kalau mau mengganti ke komputer lain, tapi dengan kondisi sudah membuat registrasi di laptop , gimana solusi nya ya pak ?

    Apakah harus reset aplikasi efaktur nya ??
    terimakasih

    • Fordis 1 August 2015 at 22:39 #

      Iya, lakukan reset aplikasi e faktur. sebelumnya back up dulu folder database pd aplikasi e-faktur lama. lalu hapus e faktur lama termasuk sertifikat elektronik pada browser di laptop. Install sertifikat elektronik pajak pada komputer baru. Baca referensi: Cara Instal sertifikat elektronik pajak untuk e Nofaselanjutnya lakukan aktivasi ulang e faktur pada komputer baru.

  2. Maya 8 August 2015 at 08:42 #

    Dear rekan yang terhormat,

    Saya mau Tanya..

    waktu itu saat saya ingin melakukan log in ke aplikasi saya ingat user name tapi lupa password nya. lalu saya baca di google bias di gunakan cara reset aplikasi.

    nah lalu saya install ulang baru saya ingat password aplikasi lama saya.

    Lalu bagaimana ya saya memindahkan database faktur yang sudah saya upload ke aplikasi e faktur saya yang baru? mohon pencerahannya.

    Thanks dan salam.

    • Fordis 10 August 2015 at 22:15 #

      Dear @maya, jika Anda menyimpan folder db dari aplikasi e faktur sebelum di-reset, tinggal pindahkan (copy-paste) folder tersebut ke folder tempat e-faktur yang baru dijalankan.

Discuss Tax While Drinking Coffee. kopi simbol