Top Menu

e-faktur

Cara Install E-Faktur di Jaringan LAN (Bagian 2)

Read : 2,151 times

Forum Pajak – Pada artikel Cara Install E-Faktur di Jaringan LAN (Bagian 1) kita telah belajar persiapan instalasi e-faktur pada jaringan LAN. Setelah semua siap, lakukan install efaktur di komputer server. Proses ini sama dengan Cara Install Aplikasi E-Faktur pada komputer stand alone. Perhatikan gambar berikut dan selanjutnya lakukan langkah ini:

cara-install-e-faktur-di-lanKonfigurasi E-Faktur di Server

install-e-faktur-di-jaringan

  1. Jalankan aplikasi ETaxInvoice. exe
  2. Lakukan koneksi ke database dengan memilih Lokal Database (gambar 1)
  3. Login sebagai user Administrator (gambar 2)
  4. Buka Menu File Administrasi DB, akan tampil form Administrasi Database
  5. Pilih Database yang akan dipakai atau buat database baru. Database secara default adalah ETaxInvoice. Apabila Database yang akan dijadikan sebagai server bukan database ETaxInvoice. Lakukan koneksi terlebih dahulu ke database tersebut melalui tombol Konek Ke Database.
  6. Klik tombol Start Database sebagai Server, akan tampil form Konfigurasi Server. (Gambar 3)
  7. Isikan alamat IP Address atau Hostname PC Server yang sudah Anda catat sebelumnya. (Alamat IP pada server, contoh di atas adalah IP Komputer A)
  8. Isian Port secara default terisi 1527 (biarkan tanpa diubah).
  9. Klik tombol OK, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi.
  10. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses Start Database sebagai Server.
  11. Setelah update aplikasi selesai, pastikan memberi tanda √ di semua checkbox pada form Windows Security Alert yang muncul (proses ini merupakan izin aplikasi untuk dapat melalui firewall yang terpasang di Windows Anda). Kemudian klik tombol Allow Access. (Proses ini mungkin berbeda jika Anda tidak menggunakan windows sebagai sistem operasi di komputer server)
  12. Konfigurasi aplikasi e-faktur dan database di server berhasil dilakukan

Install E-Faktur di Komputer Client

Langkah selanjutnya adalah membuat aplikasi e-faktur dapat bekerja di komputer client (komputer B dan C). Untuk itu, matikan terlebih dahulu aplikasi e-faktur di server. Kemudian simak gambar dan penjelasan berikut ini:

cara-install-e-faktur-di-jaringan-lan

Pada pemasangan e-faktur di komputer client ini tidak diperlukan sertifikat elektronik pajak dan passphrase.

  1. Copy folder aplikasi e-Faktur dari komputer server (komputer A) ke komputer client (komputer B dan C) kecuali folder db.
  2. Setelah ter-copy di komputer B, nyalakan aplikasi e-faktur di komputer server (komputer A).
  3. Jalankan aplikasi ETaxInvoice. Exe dari salah satu komputer client (misalnya komputer B).
  4. Lakukan koneksi ke database server dengan memilih Network Database
    (gambar 1)
  5. Isikan Hostname/IP Server Database (IP address komputer A lihat gambar 2)
  6. Kolom isian Port secara default 1527 (biarkan tanpa diubah)
  7. Kolom isian Nama Database secara default terisi ETaxInvoice. Ganti nama database sesuai dengan Database Server yang Anda pakai di server.
  8. Klik tombol Connect, akan tampil konfirmasi untuk melakukan update aplikasi. (Jika aplikasi e-faktur di server sudah versi terbaru, update aplikasi ini bisa saja dilewati. Namun untuk koneksi-koneksi berikutnya, aplikasi e-faktur secara otomatis akan meminta update. Jika komputer client ini tidak terhubung ke internet, maka Anda bisa copy ETaxInvoice. Exe dari server lalu paste-kan ke folder aplikasi e-faktur di komputer client.)
  9. Klik tombol Yes.
  10. Setelah update aplikasi selesai, lakukan login aplikasi.
  11. Aplikasi client berhasil terkoneksi dengan Database Server

Jika Anda berencana menyerahkan komputer client ke pegawai tertentu, Anda dapat menambah user setelah login aplikasi e-faktur seperti terlihat pada gambar berikut.

Setelah login klik Menu Referensi –> Administrasi User.

e-faktur

, , , , , , ,

53 Responses to Cara Install E-Faktur di Jaringan LAN (Bagian 2)

  1. agus3p 8 June 2015 at 10:36 #

    mohon saran,
    kami uji coba memakai jaringan dengan cabang-cabang sebagai client dan server di HO, tetapi pada saat Impor data masuknya data sangat lambat (kurang lebih 70ribuan data memakan waktu 5 jam dan itu hanya masuk 7000 data saja)
    adakah saran untuk sistem jaringan ini

    terima kasih

    • Fordis 10 June 2015 at 16:28 #

      Terima kasih untuk perhatian dan pertanyaannya. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perlambatan impor data, dari hardware maupun software pada komputer yang digunakan. Kami tidak memiliki gambaran tersebut pada pertanyaan di atas. Namun demikian, sedikit saran mungkin perlu untuk membatasi jumlah client yang aktif pada saat bersamaan atau diusahakan impor data pada komputer lokal. Salam.

  2. ana 9 June 2015 at 10:45 #

    Mohon bantuannya,

    Kami sedang menguji system e-Faktur versi dummy di perusahaan kami, untuk persiapan go live e-faktur pada juli 2015 mendatang.
    Pada saat kami melakukan koneksi Network Database dengan login Admin, menu SPT tidak muncul. Apakah masalah tersebut hanya terjadi di versi dummy, ataukah hanya di tempat kami saja yang bermasalah?

    regards,

    • Fordis 10 June 2015 at 16:31 #

      Terima kasih untuk pertanyaannya. Kami mencoba untuk simulasi, dan kami juga mendapati versi dummy belum atau mungkin memang bukan untuk uji coba di jaringan LAN. Kalau boleh kasih saran, Ibu bisa coba langsung ke versi ori-nya saja. Salam.

  3. Dicky 16 June 2015 at 10:15 #

    Mohon infonya,

    Diatas saya membaca untuk menggunakan database di dalam jaringan, kita harus pasang dahulu database nya di server, setelah itu copy semua file ny kecuali “db” ke PC client.
    Saya mau menanyakan, jika server menggunakan Linux dan client menggunakan OS Windows, apakah bisa dipakai juga hasil copy an nya? karena Linux dan Windows untuk extension file nya berbeda. Tolong dibantu pemecahannya harus seperti apa?

    Terima kasih

    • Fordis 17 June 2015 at 20:49 #

      Pak @Dicky yang terhormat,
      Kami mencoba memahami masalah yang Anda tanyakan. Mekanisme copy-paste disarankan untuk memudahkan. Namun kami kira tentu ada cara lain misal dengan menginstall aplikasi sesuai dengan OS masing-masing komputer. Kemudian database di Linux yg menjadi server, dijadikan network database. E-faktur di os lain melakukan connect ke network database. Terus terang kami belum mencoba ini. Kalau Pak Dicky mencoba dan berhasil, silakan share dengan yg lain di Forum Pajak ini. Terima kasih. 🙂

  4. Bobby Hartanto 16 June 2015 at 10:43 #

    Selamat pagi….perusahaan saya bersiap memakai e-Faktur bulan Juli nanti..Nah ini saya lagi nyoba2 soal program e-Faktur versi dummy…
    untuk multi user sesama OS windows itu berhasil..tp ketika OS linux,ingin konek network coonection ke database server malah keluar notif error database…kode eror ETAX-10001
    apakah karena perbedaan OS yg menyebabkan hal itu..atau memang blom ada software E-faktur Dummy untuk Linux…

    • Fordis 17 June 2015 at 20:42 #

      Untuk Pak @Bobby Hartanto, kami belum menemukan e-faktur dummy untuk Linux. Mengenai error ETAX-10001, berarti error di database. Error tersebut bisa karena: [1] File di dalam folder db ada yang corrupt atau hilang (misal : corrupt karena mengcopy data base saat aplikasi menyala); [2] Di dalam folder db tidak terdapat folder ETaxInvoice atau terdapat folder selain folder ETaxInvoice yang bukan tercreate dari proses tambah database; [3] Versi aplikasi tidak sama dengan versi db; [4] PC server PKP mati / Database belum distart sebagai server (dalam hal menggunakan konfigurasi network db).
      Silakan cek, mana di antara keempat itu yang kemungkinan menyebabkan error dan Anda dapat mencoba memperbaikinya. Semoga membantu.

  5. R Sang 24 June 2015 at 15:05 #

    bagaimana cara menjalankan e-faktur di centos atau linux lainnya?
    mohon informasinya, terima kasih

    • Fordis 29 June 2015 at 22:14 #

      Mas/Mbak R Sang, coba cara yg sama dengan cara install e-faktur yang disajikan. terus terang kami belum mencoba apakah e-faktur compatible dgn centos atau nggak.

  6. M. Wasisto 29 June 2015 at 21:44 #

    Pak, bagaimana cara install e-faktur di server yang bisa service server start secara otomatis. Terima kasih.

    • Fordis 29 June 2015 at 22:17 #

      @M. Wasisto, kalau installnya kayaknya sama kali ya. Masalah menjalankannya mungkin ya nggak bisa ikut otomatis, tetep mesti dinyalakan database e-faktur servernya.

  7. Herpan 30 June 2015 at 15:35 #

    Sore Pak, Hari ini saya mau registrasi Aplikasi E-Faktur yang bukan dummy, tapi pas registrasi muncul pesan ETAX-40001:Tidak dapat menghubungi ETaxInvoice Server null. Apakah memang server di ditjen pajaknya belum di aktifkan?

  8. FERY WARDAYA 30 June 2015 at 21:06 #

    Malam Pak, Untuk entri faktur pajak apa harus per item barang ya? atau cukup hanya penjelasan /ringkasan no faktur penjualan ? Sudah kami tanyakan pada AR di kota kami, mereka tidak bisa menjawab.
    Terima kasih

  9. Bosco 1 July 2015 at 11:44 #

    Selamat Siang, cara diatas sudah saya ikuti dan client telah berhasil untuk koneksi database yang ada di server, akan tetapi pada saat client mengakses menu (Faktur-Pajak Keluaran-Administrasi Faktur) dan tekan tombol [F5] Perbaharui, pada sisi server aplikasi e-Faktur tertutup/close dengan sendiri nya. Apakah itu bug dari Aplikasi e-Faktur? Aplikasi e-Faktur yang saya gunakan versi Live (sudah ter-register). Terima kasih

  10. Andri anto 1 July 2015 at 13:03 #

    Siang Pak,.. ingin tanya.
    Jika komputer Server 64bit..
    dan client 32bit.. apa aplikasi bisa berjalan jikalau mengcopy folder dr server yang pada dasarnya aplikasinya menggunakan 64bit? jika bisa apa tidak ada masalah? terimakasih..

    • Fordis 2 July 2015 at 15:22 #

      Pak @Andri anto, coba gunakan aplikasi e faktur yg 32 bit saja untuk dua-duanya.

  11. RaKa 1 July 2015 at 14:36 #

    Dear Team Fordis, terima kasih atas program E-Faktur lengkap beserta tutorial instalasi sebagai server dan sebagai client.

    Di tempat kami akan mulai menggunakan E-Faktur. Server menggunakan Windows 2003 dan clients menggunakan Windows 7.

    Bagaimana cara menjalankan E-Faktur server secara ‘service’, maksudnya tidak perlu login server –> jalankan E-Faktur –> koneksikan DB sebagai server.

    Mohon pencerahan dan saran teknis amat kami harapkan. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik.

  12. Totok Wahyu Sucahyo 1 July 2015 at 22:53 #

    Saya mau tanya apakah E-Faktur memang ada masalah pada windows 8 ya? Saya ada masalah pada GUI E-Faktur yang tidak memunculkan tulisan pada form dari awal pemilihan database, register etax invoice, sehingga susah karena yang terlihat hanya kotak isian form, dimana bagian lainnya hitam semua. Anehnya ini cuma di windows 8, karena dicoba di laptop saya lainnya di rumah, 3 laptop windows 7 (baik 32 maupun 64 bit), tidak ada masalah.
    Sudah dilakukan update driver grafik maupun update hingga java versi terbaru juga ngga pengaruh, tetap hitam semua tampilan E-Fakturnya.
    Sudah dicoba run as administrator, sampai run dengan compatibility mode juga ngga berpengaruh. Tolong bantuannya.

  13. diana 2 July 2015 at 10:36 #

    Pak, saya mau tanya,, pagi hari saya sudah bisa membuat 2 faktur dengan aplikasi e fatur, sore harinya pas saya buka sudah tidak bisa lagi, ada keterangan ETAXSERVICE-10005 : Data tidak ditemukan,, mohon solusinya Pak

    • Fordis 2 July 2015 at 15:14 #

      Coba baca link artikel error yang disediakan linknya Bu @Diana

  14. Agus Fauzi Rahman 2 July 2015 at 12:05 #

    Dear Fordis Team,
    selamat siang, kami sudah coba dari kemarin untuk instal sesuai instruksi. tapi tetap ada kendala. kendalanya yaitu pada step “registrasi”. Login: NPWP – sertifikat – kode aktifasi – (klik registrasi).
    muncul kolom captcha: captcha – Pass (e-nova – 10 digit). setelah itu muncul keterangan :
    “ETAX-40005: Error di service registrasi
    ETAXservice-20019:client sudah aktivasi
    tapi ada tanda silah merah besar. (klik OK).

    itu bagaimana untuk solusi nya. saya sudah coba pada 2 PC berbeda, keterangan sama.
    Tolong pencerahannya.

    Untuk perhatian, kerjasama & bantuannya, saya ucapkan terima kasih banyak.

  15. Arbi Adiyana 2 July 2015 at 12:48 #

    Terima kasih, saya sangat terbantu dengan turorialnya.

  16. Febri yanto Dp 2 July 2015 at 14:45 #

    Dear Fordis Team

    Sekamat Siang Menjelang Sore

    saya juga sudah mencoba untuk Install, masalah yang saya dapat persis sama seperti Pak Agus Fauzi Rahman..

    Muncul :
    ETAX-40005 :Error di service registrasi
    ETAXservice-40002

    Tolong Rekan2 Bantu Pencerahanya untuk msalah ini..

    • Fordis 2 July 2015 at 15:04 #

      Quote saran dari @Klinsen_DayMan
      Just Share,
      Untuk Error ETAX-40005 & ETAXSERVICE-40002 adalah kemungkinan kesalahan pada bagian kode aktivasi.
      Untuk kode aktivasi dapat dilihat pada profile WP setelah login di E-NOFA.

      XXXX-XXXX
      Hilangkan tanda minus (-)

      Semoga Bermanfaat ^^

  17. yadi 7 July 2015 at 15:25 #

    Selamat Sore

    saya sudah konfigurasi efaktur untuk server client, tetapi masih error “Etax-10001”
    setelah dicoba-coba ternyata pengaruh dari firewall Symantec
    kebetulan dikantor menggunakan antivirus symantec

    jadi di server saya disable symantecnya baru mau konek deh si clientnya

    nah, yang mau saya tanyakan :
    apakah ada port tertentu yg harus saya “allow” di firewall ?
    saya sudah coba meng “allow” port 1527, tetapi tidak pengaruh. client tetap tidak bisa konek ke server kecuali posisi firewall di disable.

    saya pengen firewall tetap enable dan client bisa konek ke server, apakah ada port yg harus saya open?

    mohon penecerahannya
    terima kasih

    • Fordis 7 July 2015 at 21:33 #

      Selamat sore juga Pak @Yadi. Kalau boleh kasih saran, jika bapak menggunakan windows, lebih baik antivirusnya menggunakan microsoft security essential. Itu resmi untuk windows dan bisa di download gratis. Anti virus ini bisa terintegrasi dengan windows firewall dan tidak ada konflik dengan aplikasi e-faktur. Ini link download microsoft security essential.

  18. EndurraRisk 8 July 2015 at 15:05 #

    Soree Pak
    saya mau menanyakan kenapa pas saya menjalankan aplikasinya selalu muncul
    ” ETAX-40001: tidak dapat menghubungi E-TaxInvoice Server anda harus terhubung dengan internet untuk mengakses service ”
    lalu saya klik ok dan pilih local dan selanjutnya mengisi form setelah itu saya klik register muncul
    ” ETAX – 40001 : tidak dapat menghubungi E – TaxInvoice Server null ”

    Mohon perhatianya mas sangat ditunggu sekali jawabanya/tanggapanya

    terima kasih….

  19. pendukung 8 July 2015 at 16:26 #

    @endurarisk: kemungkinan komputer Anda tidak terhubung internet. Sblm registrasi, tes dulu koneksi internet dgn membuka di browser anda http://efaktur.pajak.go.id

  20. Yudha Messi 8 July 2015 at 16:27 #

    Misi om mau nanya dong..
    DI tmpt kami sudah di start database di PC server, setelah itu pc client bisa connect. Aman..
    Tapi besoknya error ETax 10001 om, saya start database lagi melalui PC server. dan bisa connect lagi. Apa emang bgitu prosedurnya, di start dulu di server baru client bisa connect. atau ada kesalahan? Terima kasih sebelumnya Om… Mohon bantuan nya,

  21. cbsa IT 8 July 2015 at 16:36 #

    Sore Team Fordis,

    saya kesulitan menjalankan efaktur dari pc client, sekarang ini saya sudah install di 2 pc, 1 saya gunakan untuk pc server efaktur, dan 1 pc lagi saya gunakan untuk pc client, saya sudah bisa connectkan tapi pada saat menjalankan menu faktur pajak keluaran / administrasi faktur di pc client, di pc server tiba-tiba keluar dari program…. tolong bantu pencerahannya, saya menggunakan win7 32 bit, ram 2GB, I3

    Terima kasih

  22. pendukung 8 July 2015 at 17:46 #

    @yudha messi: uutk menjalankan e faktur client, server mesti nyala dulu. Kan databasenya ngambil dari server, jd e faktur di server jg harus nyala. Memang begitu programnya

  23. pendukung 8 July 2015 at 17:49 #

    @cbsa IT: pc server memorinya kurang. coba di pc server klik dua kali mem_config.bat, lalu isi angka 256. Lalu klik Y. Jalankan e faktur di server lalu di client.

  24. Bosco 9 July 2015 at 16:25 #

    Selamat Sore,

    Just share…jika terjadi close force atau tutup dengan sendiri pada saat aplikasi efaktur dijalankan sebagai database server, solusi nya harus di tentukan besaran memory config untuk aplikasi efaktur. Settingan memory config bisa di temukan di dalam folder hasil ekstrak-an efaktur dengan nama filenya “mem_config.bat” (catatan : hanya bisa di setting maksimal 1Gb, lebih dari 1Gb tidak bisa). Jika sudah di tentukan, jalankan kembali aplikasi efaktur sebagai database server. Sebenarnya informasi ini sudah ada di Help Content efaktur pajak, Konfigurasi Client Server-Troubleshooting (lihat point d).

  25. Doni 10 July 2015 at 14:36 #

    Mau tanya, pa/bu…saya sudah install aplikasi efaktur dgn system server-client. Di server menggunakan OS Windows server 2008 dan di client windows XP home edition SP 2. Saya sudah mengikuti semua langkah-langkahnya. Tapi waktu menjalankan efaktur di client, berhasil login, pada saat akan input/rekam faktur, aplikasi efaktur yg ada di server, tiba-tiba “close” dgn sendirinya dan koneksi client -server terputus. Itu bagaimana ya, pa/bu?

    Terima kasih.

    • Fordis 10 July 2015 at 21:57 #

      @Doni: Itu sama dgn pertanyaan sebelum Anda. Silakan baca juga komentar yg lain.

  26. cbsa IT 13 July 2015 at 08:29 #

    @Fordis: saya sudah tambah memory jadi 4gb,firewall sudah saya disabled semua, saya juga sudah jalankan mem_config.bat dengan mengisi 256, tetapi tetap sama saat pc client masuk ke menu pajak keluaran saat itu juga program efaktur di pc server close

  27. cbsa IT 13 July 2015 at 13:23 #

    @Fordis & rekan yg lain: masalah saya sudah terpecahkan… saya ganti pakai windows XP bisa jalan sebagai pc server dan win7 saya jadikan pc client…. klo ada masalah bisa telp ke 021-5250208 ke bagian TIP…. diajarin kok.. tapi telp nya kudu sabar… krn susah nyambungnya…

    terima kasih rekan2

    • Fordis 13 July 2015 at 13:36 #

      @cbsa IT: sip…selamat menjalankan aplikasi e-faktur 🙂

  28. IT TENO 24 July 2015 at 09:24 #

    Saya sudah install sesuai yg step-step di atas, tapi waktu menjalankan aplikasi di client, kenapa aplikasi di server optomatis tertutup?? apa harus ada tambahan apliasi lainnya?? makasih

  29. Klinsen_DayMan 24 July 2015 at 17:02 #

    @IT TENO

    di coba update java hingga versi terakhir ^^

    • Fordis 28 July 2015 at 20:54 #

      @IT TENO & @ Klinsen_DayMan: sejauh uji coba kami, aplikasi e-faktur hanya compatible dengan java versi antara 7 hingga sebelum 8.

  30. Klinsen_DayMan 30 July 2015 at 11:55 #

    @Fordis & rekan yang lain : oh begitu, karna kemarin saya punya problem yang sama yaitu selalu force close ketika akan input faktur. Tetapi setelah java runtime nya diupdate, problem solved.
    mungkin saya update java ke versi antara 7-8 sehingga problem terselesaikan.

  31. idaimoet_8888 11 August 2015 at 14:46 #

    @fordis, mohon sarannya,
    Saya sudah mencoba login sebagai client dengan koneksi pada network database, kemudian sudah berhasil konek ke database server dan sudah login dengan user Admin, tetapi yang jadi permasalahannya adalah setelah login dengan Admin menu SPT tidak ada yang ada malah muncul report error “Terjadi kesalahan, gagal query SPT”.

    Mohon reposnya

    • Fordis 11 August 2015 at 23:30 #

      @idaimoet_8888: Anda dapat mencoba menggunakan menu SPT melalui komputer server Anda. Selamat mencoba.

  32. IT Suzuki SBT 12 August 2015 at 10:55 #

    Selamat siang,
    Saya sudah berhasil coba install client server, namun saat ini ada kendala diantaranya :
    1. User akses, diperusahaan kami memiliki banyak divisi (Penjualan Service, Penjualan Unit dan Finance), nah jika semua divisi saya tunjuk satu orang untuk meng-Import faktur pajak lalu untuk yang upload adalah bagian finance apakah bisa ? saya sudah coba membuat user (user-service untuk divisi penjualan service yang hanya bisa untuk import, nah yang saya tanyakan apakah jika saya membuat user baru misal user-finance apakah bisa terlihat Faktur yang sudah diimport oleh user-service ?

    • Fordis 13 August 2015 at 22:54 #

      @IT Suzuki SBT: Untuk mengetahui kewenangan masing-masing tingkatan user pada aplikasi e-faktur, silakan baca Cara Instal E-Faktur di Jaringan LAN Bagian 1.

  33. Hery 14 August 2015 at 12:16 #

    Untuk ana dan idaimoet_8888, menu PST hanya akan muncul di komputer yang menjadi server atau komputer ‘master’. Di komputer klien (biasanya untuk merekam data faktur) tidak akan dimunculkan menu SPT.

  34. globals2212 28 August 2015 at 13:28 #

    Selamat siang, saya ketemu kesulitan ketika membuat posting SPT Masa.
    Database saya menggunakan db baru (bukan db default) dan ketika saya mau melakukan posting data SPT, selalu diminta untuk update profil PKP. Bahkan setelah mengulang 10x pun masih sama, saya belum berhasil mem-posting.
    Apakah ini dikarenakan saya tidak menggunakan db default? apakah ada yang mempunyai pengalaman yang serupa?

    Thanks

    • Fordis 30 August 2015 at 11:48 #

      Hai @globals2212, ini posting di komputer client atau server? Lalu yg posting memakai user level apa?

  35. edpkcs 1 September 2015 at 11:33 #

    Mohon bantuannya.
    untuk ‘error’ (terjadi kesalahan, gagal query SPT) itu dikarenakan faktor apa.? ini saya login pakai user perekam. tanks.

    • Fordis 7 September 2015 at 22:14 #

      Dear @edpkcs. Yang dapat membuat SPT di aplikasi e-faktur adalah user dengan kapasitas sebagai administrator. Untuk referensi Anda, silakan baca pembagian kapasitas user aplikasi e-faktur yang termuat di artikel Setelah Install E-Faktur Selanjutnya bagaimana?

Discuss Tax While Drinking Coffee. kopi simbol