Top Menu

ISIS

Ngeri, Pajak Ternyata Tulang Punggung Pendanaan ISIS

Read : 108 times

Forum Pajak – ISIS merupakan kelompok teroris yang diduga memiliki sumber dana tak terbatas untuk membiayai operasinya. Dari mana sumber pendanaan ISIS tersebut? Para pengamat organisasi teroris internasional yang tergabung dalam organisasi non-profit RAND Corporation menyampaikan laporan yang cukup mengejutkan.

Semula ISIS diduga mendanai operasinya melalui penjualan minyak dan penguasannya atas daerah dan bisnis pertambangan minyak bumi di wilayah seputar Irak dan Suriah. Namun pengamat di RAND Corporation menyanggah dugaan tersebut. Dalam penelitian mereka, justeru pajak dan pemerasan-lah yang menjadi sumber pendanaan nomor satu dan menjadi tulang punggung seluruh operasi ISIS.

Dalam pengamatan RAND Corporation, pada tahun 2014 saja, ISIS mampu mengumpulkan dana sebesar 1,2 milyar US Dollar. Yang menarik dari laporan tersebut, jika di-breakdown dari jumlah tersebut, USD 600 juta berasal dari pajak dan pemerasan, USD 500 juta dari perampokan bank serta aksi kriminal lain dan hanya USD 100 juta yang berasal dari penjualan minyak.

Laporan keuangan ISIS tersebut penting bagi pihak-pihak yang berupaya melumpuhkan ISIS melalui blokade sumber-sumber pendanaan ISIS. Sebagaimana diketahui, lawan-lawan ISIS selama ini lebih banyak melakukan penyerangan terhadap kilang-kilang minyak dan instalasi pertambangan. Pihak Rand Corporation berharap mereka mengambil langkah yang berbeda setelah adanya laporan keuangan ISIS tersebut. (Sumber: Forbes & Times, Foto: Wikipedia)

, , ,

One Response to Ngeri, Pajak Ternyata Tulang Punggung Pendanaan ISIS

  1. UPVC 30 September 2015 at 14:58 #

    Sebenarnya apa tujuannya ISIS ?
    Salam UPVC

Discuss Tax While Drinking Coffee. kopi simbol